Stem OS merupakan sistem operasi berbasis distro Linux yang mengkhususkan diri untuk platform game yang dibangun oleh sebuah perusahaan bernama Valve.

SteamOS

Baru-baru ini, Valve meluncurkan Steam OS terbaru dengan kemampuan yang kabarnya lebih baik dibandingkan sistem operasi lain yang berbasis non game. Nah, jika Anda penggemar berat game dan ingin merasakan bagaimana hebatnya Steam OS, nah ini dia panduan cara menginstal Steam OS.

 

Syarat minimal yang harus Anda penuhi adalah:

  1. RAM minimal 4GB
  2. Hard disk minimal 500GB
  3. kartu grafis Nvidia
  4. Flash drive minimal 4GB
  • Sebelum kita mulai langkah menginstan Steam OS, karena sistem operasi ini tersedia dalam bentuk bootable flash drive maka sebaiknya format ulang flash drive anda ke format FAT32 terlebih dahulu sebelum menyimpan file instalasi.
  • Unduh file instalasi Steam OS di halaman ini: http://repo.steampowered.com/download
  • Ekstrak file zip tersebut dan simpan di flash drive Anda, jangan buka file tersebut, ingat sekali lagi jangan dibuka.
  • Restart komputer Anda dan sebelum masuk ke booting tekan F8, F10 atau F12 untuk masuk ke pengaturan bio kemudian rubah pengaturan booting ke USB hard drive atau USB flash drive. Selanjutnya komputer akan menampilkan proses booting Steam OS.

Cara Menginstal Steam OS

  • Di sini pilih Automated Install, ingat bahwa proses ini sama dengan proses instalasi sistem operasi lainnya yang akan menghapus semua data di komputer Anda.

Cara Menginstal Steam OS

  • Tunggu proses instalasi yang sedang berlangsung, waktu yang dibutuhkan sekitar 15 hingga 20 menit dan setelah selesai sistem akan meminta Anda untuk restart, ikuti saja dan jangan lupa cabut flash drive Anda.
  • Jika kemudian diminta untuk memilih SteamOS GNU/Linux with Linux 3.10-3-amd64 dan SteamOS GNU Linux with Linux 3.10-3-amd64 (recovery mode) pastikan Anda memilih opsi yang pertama.
  • Setelah itu Anda akan menemukan halaman login, silahkan masukkan nama pengguna dan kata sandi.

Cara Menginstal Steam OS

  • Kemudian Anda akan melibat tatap muka GUI, klik menu Activities – Application – Terminal. Setelah terminal terbuka, ketikkan “steam” tanpa tanda kutip dan tekan Enter, lalu tunggu proses instalasi akhir hingga selesai. Setelah selesai, silahkan login dengan akun Steam Anda tadi.

Cara Menginstal Steam OS

Itu dia cara menginstal sistem operasi Steam OS, semoga bisa diikuti dan yang paling penting bermanfaat bagi Anda terutama bagi Anda yang memang menggilai sensasi game.