microsoft-security-essentialsJAKARTA, PCplus – Dentang kematian Windows XP makin dikencangkan oleh Microsoft. Di bagian akhir webpage situsnya, Microsoft menjelaskan akan menarik dukungan untuk produk sekuriti gratisnya, Microsoft Security Essential (MSE) dalam 90 hari.

“Setelah 8 April 2014, bantuan teknis untuk Windows XP tidak akan tersedia, termasuk update otomati yang membantu melindungi PC-mu. Microsoft juga akan menghentikan penyediaan Microsoft Security Essentials untuk diunduh bagi Windows XP pada tanggal tersebut,” tulis Microsoft.

Tanggal 8 April adalah hari kematian Windows XP. Setelah tanggal itu , Microsoft tidak akan merilis patch dan update sekuriti bagi  Windows XP.

Microsoft Security Essentials adalah paket gratis anti-malware yang dirancang untuk menandingi tawaran-tawaran gratis dari perusahaan saingan, antara lain AVG dan Avast. Sejak diluncurkan pada 2009, MSE menjadi paket antivirus yang paling banyak dipakai di AS dan kedua di dunia. Dimulai pada Windows 8, Microsoft menjadikan Security Essentials sebagai fungsi standar dalam Windows Defender, tetapi ia juga tetap tersedia untuk diunduh bagi Windows versi-versi sebelumnya.

Lonceng kematian Windows XP memang sudah cukup lama berdentang. Sebelum ini Microsoft sudah mencoba menghentikan dukungannya, tetapi tidak berhasil karena ketika itu pengguna tidak mau menerima Windows Vista.

Hmm, apakah Microsoft juga akan mematikan Windows Vista atau Windows 7? Jangan kuatir. Masa hidup versi-versi ini masih jauh, masing-masing   2017 dan 2020.

Sumber : PC Plus