alt

IBM membuka akses ke superkomputer Watson kepada pihak ketiga untuk pengembangan aplikasi. Diharapkan muncul berbagai aplikasi untuk komputer yang dapat “berfikir” ini.

Berbeda dengan komputer biasa yang banyak digunakan saat ini, Watson merupakan sistem yang dapat berfikir. Bila komputer konvensional hanya melaksanakan perintah-perintah yang telah ditulis di dalam software, Watson memiliki kemampuan untuk “belajar” dari data yang diberikannya. Watson juga berbeda dengan sistem artificial intelligence dan bahkan lebih canggih darinya. Watson dapat memahami bahasa alami dan membuat keputusan dengan seusai dengan pengetahuan yang dimilikinya.

Watson telah menyita perhatian publik setelah tahun 2011 lalu mengikuti kuiz Jeopardy di televisi Amerika Serikat. Saat itu Watson berhasil mengalahkan dua kontestan manusia.

Watson terus dikembangkan oleh IBM dan telah diuji-coba di bidang kesehatan. Penyempurnaan tidak hanya pada sisi hardware, tetapi juga kemampuan sistemnya. Salah satu hasil penyempurnaan antara lain kini Watson lebih mengenali elemen-elemen di dalam dokumen, seperti tabel. Kini komputer ini juga lebih baik ketika menyampaikan jawaban-jawaban yang ditanyakan kepadanya.

Dari sisi hardware, Watson sekarang bisa jauh lebih kecil daripada sistem yang pertama. Watson yang mengikuti kuiz Jeopardy berukuran cukup besar, terdiri atas 2.900 core sistem dengan RAM 15TB. Tetapi sekarang konfigurasi paling kecil dapat dibuat dengan kisaran 16 dan 32 core dan RAM 256GB. Sistem-sistem kecil dapat digabungkan sehingga dapat membentuk skala yang lebih besar bila diperlukan.

Kini IBM mengundang pihak ketiga untuk pengambangan aplikasi Watson. Di bawah Watson Developers Cloud, IBM akan menyediakan akses untuk para developer ke Watson API, developer toolkit, dan materi pembelajaran. Developer dapat membuat aplikasi dan menggunakan data dari Watson atau menggunakan data mereka sendiri.

Sejauh ini sudah ada tiga perusahaan yang telah membuat aplikasi untuk Watson, yaitu untuk bidang kesehatan dan ritel. Yaitu, Fluid yang mengembangkan aplikasi Fluid Expert Personal Shopper, Welltok yang mengembangkan aplikasi CafeWell Concierge yang membantu orang agar tetap sehat, dan aplikasi riset peranti medis untuk dokter dan perusahaan medis disebut Hippocrates.

IBM Watson Developers Cloud akan tersedia tahun 2014 mendatang

Sumber : Info Komputer