Perkembangan konsol game dari masa ke masa mengalami kemajuann yang amat pesat, teknologi konsol game makin menghadirkan kenyamanan dan pengalaman bermain bagi gamernya, diantara banyak konsol game yang beredar, salah satunya yang paling banyak digunakan adalah Xbox yang merupakan konsol game buatan Microsoft yang dibuat untuk menyaingi ketenaran dari Playstation dari Sony, Namun artikel kali ini bukan membahas tentang persaingan antara Xbox dan playstation melainkan akan membahas tentang biografi Nat Brown yang tidak lain merupakan penemu atau “Creator” dari Konsol Game Xbox. Memang banyak yang tidak mengenal tentang Nat Brown, pria satu ini namanya kurang dikenal dalam industri game tapi siapa yang menyangka, berkat pemikiran serta kerja kerasnya selama berkerja di microsoft ia berhasil mengembangkan sebuah konsol game yang kelak kemudian dikenal sebagai Xbox yang diproduksi oleh microsoft.

Nat Brown dilahirkan di Fairbanks, Alaska pada tahun 1970, Setelah menamatkan pendidikannya di sekolah menengah atas Amerika, ia kemudian masuk kuliah dan melanjutkan pendidikannya di Harvard University pada jurusan Ilmu Komputer dan menamatkan pendidikan sarjananya pada tahun 1992. Di musim panas tahun 1990, ia mulai berkerja magang pada microsoft. Di Microsoft ia berkerja sebagai pengembang Microsoft Publisher, sebuah aplikasi desktop publishing entry-level untuk windows versi 3.1 terbaru pada waktu itu. Dia menulis kode untuk sistem 16-bit dan kemudian kode untuk sistem 32-bit, dengan spesialisasinya yaitu teknologi Object Linking dan Embedding (OLE) dan Component Object Model (COM).

Pada tahun 1995 dia menempati posisi sebagai manajer program teknis teknologi Object Linking dan Embedding (OLE) dan Component Object Model (COM), kemudian sebagai arsitek di system divisions pada perencanaan jangka panjang. Kemudian pada tahun 1997, Brown mendesain COM+, sebuah model objek generasi terbaru untuk pengembangan program aplikasi dan mengatur ekstensi bahasa pada sistem komputer yang kini dikenal sebagai .NET, CLR dan C#

Kemudian pada 1999 ia mulai berkerja dalam proyek strategi jangka panjang dan bergabung dengan sebuah tim yang kemudian memiliki ide dalam menciptakan konsol game rumahan untuk menyaingi playstation 2 saat itu, dimana konsol tersebut kemudian menjadi cikal bakal Xbox . Kemudian, pengembangan Xbox lalu digarap secara serius oleh microsoft dibawah naungan Steve Balmer dan Bill Gates yang kemudian menyediakan dana sebesar satu milyar dollar untuk pengembangan Xbox.

Nat Brown, Penemu Xbox

Pada akhir tahun 1999, Nat Brown keluar dari Microsoft dan banyak menghabiskan waktunya sebagai seorang ayah untuk anaknya dimana dalam pengakuannya ia mengatakan bahwa lebih lebih sulit mengurus anak dibanding mengurus microsoft tempat kerjanya dulu. Di tahun 2004, Nat Brown bergabung dan membuat startups dengan nama iLike.com, yang kemudian dijual kepada MySpace pada tahun 2009, and rel8tion, sebuah periklanan mobile dan teknologi yang kemudian dibeli oleh Facebook pada tahun 2011.

Saat ini Nat Brown tinggal di Seattle, Washington dimana ia menulis kode untuk aplikasi iOS serta menjadi konsultan untuk startup juga konsultan pada perusahaan besar dalam strategi mobile. Itulah ulasan biografi Nat Brown yang merupakan penemu dari game konsol xbox yang kini banyak digandrungi oleh para gamer di dunia.

Referensi :

http://ilikecode.wordpress.com/about/
http://www.huffingtonpost.com/2013/02/14/nat-brown-xbox-apple_n_2679696.htm

Sumber : Biografi Tokoh Dunia