altCommscope belum lama ini merilis hasil survei berjudul 2013 Enterprise Survey Report yang mereka selenggarakan di 63 negara termasuk Indonesia.

“Kami melakukan survei ini untuk mengetahui teknologi apa yang diyakini IT Professional akan menjadi game changer,” ungkap James Young, Regional Technical Director Commscope untuk kawasan Asia Pacific saat melakukan wawancara eksklusif dengan InfoKomputer.

James sendiri datang ke Indonesia untuk berbicara di depan peserta seminar Dynamic Datacenter yang diselenggarakan di Hotel Marriot, Jakarta, awal Juli lalu.

Melalui survei yang melibatkan 1104 IT Profesional ini, Commscope menyimpulkan ada lima trend yang akan segera kita hadapi. Kebanyakan trend tersebut terkait dengan core business Commscope yang bergerak di bidang komponen jaringan (seperti kabel UTP dan serat optik).

Trend pertama adalah enterprise mobility, yaitu kecenderungan pegawai untuk menggunakan smartphone pribadinya saat bekerja. Riset menunjukkan, 43% panggilan ponsel dilakukan pegawai di dalam kantor. Itulah yang mendorong 43% responden memiliki DAS (Distribution Antenna System) di dalam kantor mereka masing-masing. Namun fasilitas itu pun ternyata tidak mampu melayani kebutuhan, karena 76% responden mengaku mereka harus pindah ruangan atau bahkan keluar dari kantor untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik.

Trend kedua adalah Cloud Service. Survei menunjukkan 64% responden mengaku telah menggunakan cloud computing, dengan sisanya akan melangkah ke “awan” dalam tempo 24 bulan. Trend ini ternyata juga tidak sesaat, karena 52% responden mengaku akan memindahkan sebagian infrastrukturnya ke cloud dalam 5 tahun mendatang. Namun sebagian besar  responden masih menggunakan private cloud, yang menunjukkan masih besarnya keengganan menggunakan public cloud.

Trend ketiga adalah semakin dibutuhkannya penggunaan kabel 40GbE dan 100GbE, seiring keyakinan kecepatan jaringan akan berefek signifikan terhadap gerak perusahaan. Sedangkan trend keempat adalah infrastructure intellegence, yaitu sistem yang bisa beroperasi tanpa banyak campur tangan manusia sehingga meminimalisir terjadinya masalah. Trend kelima adalah Green Power, yang didasari keinginan untuk menurunkan konsumsi daya di infrastruktur yang mereka miliki.

Karena Comscope adalah perusahaan yang banyak bergerak di komponen kabel, survei tersebut juga menanyakan pertimbangan utama IT Profesional saat memilih kabel jaringan. Ternyata, 78% responden menyebut kualitas produk sebagai pertimbangan utama. Angka ini cenderung turun dari hasil survei tiga tahun lalu (82%), namun dibarengi peningkatan pertimbangan di sisi harga. Bahkan faktor harga nomor dua menempati posisi dua saat memilih kabel jaringan, yang sejalan dengan kondisi ekonomi yang kurang bersahabat belakangan ini.

Sumber : Info Komputer