Selain Microsoft Outlook, mungkin masih banyak dari Anda yang menggunakan jasa dari Windows Live Mail. Dengan software ini, Anda dapat menyimpan email-email Anda di memori PC. Tentu saja software ini juga akan meyinkronkan dengan server email dari jasa penyedia email yang Anda pilih.

wl logo

Windows Live Mail juga memungkinkan Anda untuk memasukkan dua info akun email yang berbeda. Kedua akun ini kemudian akan disinkron untuk menampilkan email masuk, plus mengirim email ke luar. Windows Live Mail menjadi begitu penting bagi Anda yang banyak berurusan dengan email konfidensial dan penting. Dengan software ini, Anda bisa menyimpan email-email terkait pada memori PC, lalu menghapusnya dari server email.

 

Lalu, bagaimana kalau Anda kehilangan data email penting tersebut. Tenang, Anda bisa mem-back up terlebih dahulu dengan fitur Export email pada Windows Live Mail seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, lupa? Baca lagi di tautan ini. Setelahnya, Anda bisa me-restore data email tersebut dengan fitur Import email. Berikut adalah caranya.

  • Pertama, masuklah ke Windows lIve Mail terlebih dahulu. Klik sebuah ikon Tools yang ada di sebelah kiri atas. Pada drop down menu-nya, kini Anda klik ‘Import messages.’

Cara Import Email Windows Live MaiL

  • Ketika Anda masuk ke ‘Select program’ kini Anda pilih ‘Windows Live Mail.’ Lalu, klik ‘Next.’

Cara Import Email Windows Live MaiL

  • Anda harus menentukan lokasi dari data email Anda . Sekarang Anda klik tombol ‘Browse.’

Cara Import Email Windows Live MaiL

  • Anda cari folder dimana sebelumnya Anda menyimpan file backup dari Export email sebelumnya. Dalam kasus ini, adalah ‘New folder.’ Klik pada folder tersebut, lalu klik ‘OK.’

Cara Import Email Windows Live MaiL

  • Kemudian akan kembali ke dialog box sebelumnya. Kini, alamat file sudah terisi dan klik tombol ‘Next.’

Cara Import Email Windows Live MaiL

  • Anda akan diberikan pilihan untuk mengimpor email dari semua folder yang ada di folder primer tadi. Jika Anda ingin mengimpor semuanya, maka pilih ‘All folders’ sebelum klik ‘Next.’

Cara Import Email Windows Live MaiL

  • Jika hanya ingin mengimpor email dari folder pilihan yang ada, maka pilih ‘Selected folders.’ Setelahnya, tekan dan tahan tombol CTRL, lalu klik kiri pada setiap folder email yang ingin diimpor. Kini, klik ‘Next.’
  • Windows Live Mail akan mengimpor email pilihan tadi. Jika sudah selesai, dialog box seperti di bawah ini akan muncul. Klik ‘Finish’ untuk menyudahinya.

Cara Import Email Windows Live MaiL

  • Pada panel sebelah kiri bawah dari Windows Live Mail, double klik pada Storage folders. Klik lagi kemudian pada ‘Imported folder.’ Anda bisa melihat email-email tadi di folder ini.

Cara Import Email Windows Live MaiL

  • Jika Anda tidak melihat ‘Storage folders’ ini, klik tab ‘View’ lalu klik toolbar ‘Storage folders’ untuk menampilkannya.

Cara Import Email Windows Live MaiL

Nah, sampai di sini Anda sudah berhasil mengimport email via Windows Live Mail, jika ada kesulitan jangan sungkan untuk meninggalkan komentar Anda.

Sumber : Fast N Cheap