Merekam momen dengan kamera digital kini sudah jadi gaya hidup, tidak hanya momen bahagia bahkan hal-hal kecil yang tidak penting terkadang tetap saja diabadikan ke dalam video. Apalagi dewasa ini kamera digital sudah ditanamkan kemampuan untuk menangkap gambar bergerak atau video.

video_img01

Tetapi karena daya simpan kamera terbatas, Anda tentu harus memindahkan file tersebut ke dalam perangkat komputer dan biasanya sebagian orang kemudian menyalin file video ke dalam perangkat ponsel untuk dilihat sewaktu-waktu.

 

Masalahnya, tidak semua file video dari kamera digital dapat diputar di perangkat seluler meskipun perangkat Anda keluaran terbaru. Apalagi file video dari kamera digital biasanya berukuran sangat besar sehingga berpotensi memenuhi memori ponsel atau smartphone Anda. Lalu bagaimana solusinya jika file video dari kamera digital tidak dapat diputar di ponsel? Ini dia cara menkonversi video dari kamera digital ke format MP4 atau 3GP.

  • Pertama dan utama download dahulu aplikasi Format Factory di sini: http://format-factory.en.softonic.com/
  • Instal dan jalankan aplikasi di komputer Anda, tampilan depannya akan seperti ini. Selanjutnya klik pilihan Mobile Device.

Cara Convert Video dari Kamera Digital ke MP4

  • Di jendela baru Anda pilih MP4 sesuai dengan kualitas yang Anda inginkan atau bisa juga 3GP lalu klik tombol OK jika dirasa sudah benar.

Cara Convert Video dari Kamera Digital ke MP4

  • Lalu klik tombol Add File dan pilih file video dari komputer Anda (file dari kamera digital yang sudah Anda pindahkan ke komputer) dan klik tombol Open untuk menambahkan file tersebut ke aplikasi. Jika ada beberapa, pilih semuanya sekaligus.

Cara Convert Video dari Kamera Digital ke MP4

  • File sekarang sudah ditambahkan, selanjutnya klik tombol OK.

Cara Convert Video dari Kamera Digital ke MP4

  • Terakhir klik tombol Start dan biarkan proses konversi berlangsung, waktu yang dibutuhkan akan tergantung ukuran file video Anda, semakin besar akan butuh waktu yang makin lama pula.

Cara Convert Video dari Kamera Digital ke MP4

Jika proses konversi sudah selesai, Anda dapat menyalin file hasil konversi ke ponsel dan smartphone Anda untuk diputar kapanpun dibutuhkan.

Sumber :  Fast n Cheap