Sampai saat ini hanya ada beberapa aplikasi edit gambar atau foto terbaik dengan kualitas yang sangat baik dalam hal hasil akhir dan juga akurasi. Namun begitu, aplikasi terbaik bukan berarti tidak memiliki nilai minus, seperti halnya Photoshop, aplikasi buatan Adobe ini masih yang terbaik, tetapi banyak pula pengguna yang mengeluhkan beratnya aplikasi ketika berjalan di komputer dan sistemnya yang rumit sehingga tidak sedikit pengguna yang beralih ke aplikasi kecil dengan menu dan tool-tool yang lebih sederhana.

Cara Mudah Menghilangkan Background Gambar dengan Clipping Magic

Photoshop juga merupakan aplikasi terbaik untuk menghilangkan background suatu gambar atau foto, saya secara pribadi masih sering menggunakan Photoshop untuk melakukan editing seperti itu, namun baru-baru ini saya mulai mendapatkan alternatif terlebih dengan alternatif ini saya tidak harus menginstal apapun karena aplikasi ini berbasis web. Yang Anda perlukan hanya koneksi internet, aplikasi ini bernama Clipping Magic. Saya sudah test and run aplikasi web ini dan ternyata memang mudah, coba kita lihat hasil test and run di bawah ini:

  • Kunjungi aplikasi webnya di sini: http://clippingmagic.com/
  • Tepat di bawah header terdapat tombol berwarna biru dengan teks Choose File, klik saja dan kemudian pilih foto yang ingin diedit lalu klik tombol Open.

Buka folder baru untuk mengedit gambar

  • Di menu aplikasi sebelah kiri atas Anda, terdapat dua tombol berwarna merah yang saya wakilkan dengan inisial angka dua [2] dan tombol berwarna hijau yang saya wakilkan dengan angka satu [1]. Angka 1 sebagai tanda bagian gambar yang dipertahankan dan angka 2 sebagai tanda bagian gambar yang dihilangkan. Anda klik salah satu dan tandai bagian foto/gambar yang ingin dipertahankan, lihat langkah selanjutnya.

Cara membuat dan mengedit cliping gambar

  • Nah seperti ini, garis tebal berwarna hijau menandakan bahwa bagian foto tersebut akan dipertahankan dan yang berwarna merah akan dihapus.

Edit foto untuk mengedit gambar

  • Jika dirasa sudah pas, Anda dapat mengunduh hasil akhir dengan mengklik tombol Download berwarna biru di menu toolbar aplikasi.

Cara mendownload background untuk cliping foto dan gambar

Selesai, hanya dengan hitungan detik Anda telah berhasil menghilangkan background suatu gambar atau foto tanpa menggunakan aplikasi berat dan rumit apapun.

Sumber : Fast N Cheap