Setelah melihat hasil penjualan smartphone pada kuarta pertama tahun ini yang terbilang sangat bagus, Sony kembali berencana menambah jajaran smartphone android dengan menyiapkan Xperia ZR yang punya ukuran layar 4.6 inch dengan kemampuan nyaris sama seperti Xperia Z.

Kembalinya Sony ke jajaran produsen top smartphone android dunia memang sudah diprediksi sebelumnya. Jatuhnya angka penjualan di tahun 2011 dan 2012 membuat Sony merancang strategi baru dengan masuk ke segmen smartphone high end, head to head dengan Samsung, LG ataupun HTC.

Seperti dikutip dari GSM Arena, Xperia ZR nantinya akan punya ukuran layar 4.6 inch dengan kemampuan tahan air seperti yang dimiliki Xperia Z. Selain itu, layarnya juga akan mengusung resolusi HD 720 p.

Di bagian prosesor yang menjadi tulang punggung kinerja sebuah smartphone, Sony dikabarkan bakal menanamkan jenis prosesor yang sama seperti di Xperia Z ataupun Xperia ZL. Ya, prosesor quad core Snapdragon S4 Krait dari Qualcomm.

Untuk mendukung aktivitas multi tasking, Xperia ZR juga didukung oleh RAM sebesar 2 GB sehingga tidak ada kehawatiran dari pengguna soal lemotnya smartphone yang digunakan. Memang sudah sewajarnya smartphone high end sekarang bisa seperti itu.

Lalu di sektor kamera, Sony juga menyematkan kamera berukuran 13 mega piksel plus sensor Exmor RS untuk pengambilan gambar di malam hari. Kemampuan video recording pada Xperia ZR yaitu 1080p.

Beberapa spesifikasi lain yang diprediksi akan ada pada Xperia ZR yaitu baterai 2300 mAh, memori internal 8 GB plus slot micro SD. Belum diketahui jelas kapan Sony akan merilis Xperia ZR, namun ada rumor bahwa smartphone tersebut akan melenggang pada kuartal ketiga tahun ini.

Sumber : Fast N Cheap