Rainmeter adalah salah satu  aplikasi desktop customization platform yang merupakan sebuah aplikasi yang dapat kita gunakan untuk mempercantik tampilan desktop windows. Yang menarik dari aplikasi ini adalah selain dapat mempercantik tampilan desktop, kita juga bisa memonitor berbagai resource komputer yang sedang dipakai saat ini.

Informasi resource komputer yang ditampilkan diantaranya adalah beban CPU, pemakaian memory, network traffic, free disk space, system uptime dan lain-lain. Selain memonitor resource komputer kita juga bisa menampilkan informasi dari RSS feed situs yang kita sukai, social networking update, informasi cuaca, email notification, dan lain sebagainya tergantung dari skin yang kita gunakan.

Instalasi Rainmeter

Untuk memulai menggunakan aplikasi rainmeter ini kita bisa mendownload file installernya di http://rainmeter.net atau di http://code.google.com/p/rainmeter. Setelah file installer dijalankan, secara default aplikasi rainmeter ini terinstall di “C:\Program Files\Rainmeter” meskipun kita bisa saja mengubah lokasi penyimpanan di lokasi yang kita suka.

Selain diinstall di komputer, kita juga bisa membuat versi portable dari aplikasi ini. Versi portable dapat kita buat dengan memilih opsi Portable installation pada saat menjalankan rainmeter setup, seperti tampak pada gambar dibawah:

Setelah dijalankan, tampilan awal pada desktop adalah menggunakan skin ilustro yang merupakan skin bawaan aplikasi rainmeter dengan tampilan yang sangat sederhana. Tampilannya pada desktop komputer saya tampak seperti pada gambar dibawah.

Instalasi Skin Rainmeter

Untuk mengganti skin atau theme dengan skin yang sesuai dengan selera, kita bisa menggantinya dengan cara sebagai berikut:

  • Mendownload file .rmskin dan langsung menginstallnya secara otomatis, atau
  • Mendownload file skin dan mengcopynya secara manual ke folder :
     

    • Windows XP: C:\Documents and Settings\<user name>\My Documents\Rainmeter\Skins
    • Windows Vista and later: C:\Users\<user name>\My Documents\Rainmeter\Skins
  • Refresh rainmeter dengan cara klik kanan pada ikon raimeter di pojok kanan taskbar, klik Refresh All
  • Untuk mengganti skin, klik Config, pilih Skin atau theme yang diinginkan.
  • Untuk memonitor resource komputer dengan rainmeter ini saya menggunakan skin NH-Theme yang dapat didownload di www.deviantart.com , tampilannya kurang lebih seperti tampak pada gambar dibawah:
  • Untuk skin-skin yang lain kita dapat memilih dan mendownloadnya di http://customize.org dan http://deviantart.com

Setelah menginstall dan memilih skin yang cocok, sekarang kita bisa memonitor berbagai resource komputer sekaligus mempercantik tampilan pada desktop komputer kita.  Selamat mencoba…

Sumber : Fast N Cheap