Sebuah skandal baru terjadi di Taiwan. Kali ini melibatkan 2 produsen smartphone besar dunia yaitu Samsung dan HTC. Samsung dituduh menjadi dalang komentar-komentar negatif tentang produk HTC di beberapa forum netter taiwan.

Skandal tersebut terkuak setelah terungkapnya dokumen-dokumen di TaiwanSamsungLeaks.org. Dokumen tersebut turut menyebutkan bahwa Samsung membayar beberapa orang untuk berkomentar negatif tentang salah satu produk HTC yaitu HTC One X.

Kejadian tersebut sebenarnya sudah berlangsung lama yaitu saat HTC One X dan Galaxy S3 baru saja dirilis. Komentar-komentar negatif juga terus terjadi sesaat setelah phablet dari Samsung yaitu Galaxy Note 2 dirilis.

Pangkal masalah yang menjadi headline beberapa media besar dunia adalah ketika para komentator-komentator yang dibayar oleh Samsung tersebut membuat testimoni palsu terhadap produk HTC yaitu HTC One X.

Tak cukup sampai disitu, komentator-komentator bayaran Samsung tersebut juga membanding-bandingkan produk HTC dengan kelebihan yang ada pada Galaxy S3 ataupun Galaxy Note 2.

Akibat banyaknya komentar negatif tentang produk HTC yang tidak sewajarnya tersebut, pihak Taiwanese Fair Trade Commission langsung mengidentifikasi permasalahan tersebut dan melakukan investigasi mengenai dugaan keterlibatan salah satu produsen smartphone.

Samsung Taiwan sendiri akhirnya mengakui bahwa mereka telah melakukan kesalahan dengan membayar para komentator-komentator tersebut. Pihak Samsung Taiwan juga meminta maaf atas kejadian tersebut.

Walaupun sudah meminta maaf, namun banyak kecaman yang datang kepada Samsung atas kejadian tersebut. HTC sendiri bersikap pasif dan tak akan membawa masalah ini ke jalur pengadilan. Namun pihak Taiwanese Fair Trade Commission kemungkinan akan memberikan denda kepada Samsung atas skandal memalukan tersebut.
sumber :  Fast N Cheap